Cari Blog Ini

Kamis, 24 Mei 2018

Keris



Keris adalah salah satu benda tradisional atau senjata tikam khas Indonesia yang termasuk peninggalan bersejarah. Berdasarkan dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9.

Besar kemungkinan, keris telah digunakan sebelum masa tersebut. Menteri Kebudyaan Indonesia, Jero Wacik telah membawa keris ke UNESCO untuk meminta jaminan bahwa keris adalah warisan budaya Indonesia.

Ada beberapa wilayah yang memiliki keris khususnya di daerah Jawa, Madura, Bali/lombok, Sumatra, sebagian Kalimantan,Sulawesi, atau Brunai, Thailand,Filipina(khususunya daerah Mindanao).

Bentuk keris ada berbagai macam, misalnya keris luk (berkelok-kelok), ada juga yang yang berbilah lurus, dan masih banyak bentuk yang masih tergolong keris.

Beberapa orang, khususnya orang Jawa menganggap perbedaan bentuk dari keris memiliki nilai esoterik yang berbeda. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga memiliki kekuatan supranatural yang menurut orang-orang tertentu memiliki karisma tersendiri.

Kerap kali keris disebut sebagai benda yang memiliki aura mistis, namun ada juga yang menganggap keris sebagai benda unik sehingga banyak kolektor benda-benda tradisional salah satunya keris ini. Adapun bagian-bagian dan kelengkapan keris yang perlu di perhatikan anatara lain pegangan keris atau hulu keris, sarung keris atau warangka, wilah(bagian utama dari keris).

Di Indonesia ada banyak nama-nama keris yang bisa di bedakan menurut pamor atau gambar yang ada di bilah keris, tombak, atau wedung. Dan Pamor sendiri memiliki filosofi dan mengandung pesan moral dalamnya.

Dan di tahun 2005, keris secara resmi terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Betapa banyaknya warisan dari leluhur untuk Indonesia, betapa banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia dari bangunan, tempat, dan benda yang harus kita jaga demi melestarikan warisan budaya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar